Minggu, 06 Oktober 2013

Saatnya Penggiat Lingkungan Beraksi dengan Spiritualitas

Kalo ketemu orang yang suka buang sampah sembarangan (kesungai, laut, gunung) atau yang malas berusaha mengelola sampahnya (NIMBY:not in my back yard),bacakanlah…

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut yang disebabkan perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki manusia merasakan akibat dari perbuatannya. Yang demikian itu agar manusia kembali ke jalan yang benar” (AR-ruum 41)


Kalo kenal pengusaha yang mengeksploitasi sumber daya alam berlebihan hanya demi uang semata (perkebunan, pertambangan, dll) hingga menyebabkan kerusakkan di bumi, bacakanlah…

"Dan ingatlah nikmat Allah dan janganlah kamu merajalela di bumi dengan berbuat kerusakan" (QS. 7:74)


Kalo ketemu dengan orang-orang yang suka menyiksa binatang, pelanggaran Hak Azasi Hewan. Perdagangan hewan langka, pemburuan hewan langka, perusakkan hutan yang menyebabkan hewan-hewan kehilangan rumahnya, industri peternakan jahat. bacakanlah…

“Dan Tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan” (al-An`am: 38)


Kalo ketemu pejabat yang korupsi, yang sudah diberi amanah tetapi mengingkarinya. Korupsi kehutanan, korupsi sumber daya alam, korupsi proyek sosial dll, bacakanlah….

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh” Al-Ahzab:72


Kalo punya temen yang bekerja di perusahaan yang merencanakan proyek yang bisa merusak lingkungan. Atau tidak menyisihkan dana CSR. bacakanlah…..

“Dan janganlah kamu mentaati perintah orang-orang yang melewati batas.  Yang membuat kerusakan di muka bumi dan tidak mengadakan perbaikan”. (Asy-Syu`ara:151-152)


Kalo ketemu orang yang udah dibilangin jangan merusak bumi, malah bilang justru ini buat hal yang baik. Misalnya aja… industri kelapa sawit yang merusakkan hutan-hutan atau pertambangan yang tidak di reklamasi menjadi hutan kembali. bacakanlah…..

“Dan apabila dikatakan kepada mereka, “janganlah berbuat kerusakkan di bumi!” Mereka menjawab “sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan”. Ingatlah, sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakkan, tetapi mereka tidak menyadari.  (Al-Baqarah 11-12)


Kalo ketemu orang yang serakah, ga pernah puas sama kehidupannya, pengennya punya rumah seluas lapangan bola. Punya villa di gunung-gunung. Padahal keluarganya cuma 5 orang, villa di gunung juga cuma 1 bulan sekali di tempatin. Udah gitu bikin kebanjiran wilayah hilir. bacakanlah….

 "dan sungguh, Kami telah menempatkan kamu di bumi dan di sana Kami sediakan (sumber) penghidupan untukmu. (tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur (Al-Araf 10)


Kalo masih ada yang tetep ga percaya sama ayat-ayat Allah dan dipikirnya itu hanya sebuah gurauan, bacakanlah….


“Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka telah tertutup, dan mereka mendapat azab yang berat” (Al-Baqarah 7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar